Deskripsi Lengkap :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership)

Iklim komunikasi pada suatu perusahaan (Studi kasus pada PT. Linknet)

Nomor Panggil S-pdf
Pengarang
Pengarang lain/Kontributor
Penerbitan [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Program Studi
Kata Kunci :  
 Info Lainnya
Pengarang
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik xii, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi
Naskah Ringkas
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  •   File Digital: 1
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-19-067846445 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20498251
PT Linknet merupakan perusahaan jasa layanan koneksi internet yang berlokasi di Lippo Karawaci Tangerang. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000 dan telah memiliki beberapa cabang di Indonesia, seperti Surabaya, Semarang dan Biak. Anak perusahaan Lippo Group ini menyediakan produk layanan internet untuk perorangan dan perusahaan. Perusahaan jasa mengutamakan pelayanan prima bagi pelanggannya dan hal ini dapat dicapai dengan kerjasama seluruh pihak di dalam perusahaan. Untuk itu, diperlukan suatu iklim komunikasi yang baik guna tercapainya tujuan perusahaan tersebut. PT Linknet memiliki 64 karyawan dari 5 department. Tanpa memiliki humas, PT Linknet menyerahkan kegiatan internal perusahaan pada divisi HRD dan untuk kegiatan eksternal diserahkan pada divisi marketing. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti berusaha memperoleh gambaran dan menganilisis bagaimana iklim komunikasi pada PT Linknet dan bagaimana employee communication-nya di dalam perusahaan tersebut. Peneliti juga ingin melihat sejauh mana perusahaan memperhatikan hubungan antar karyawan di dalam perusahaan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, dengan jumlah responden seluruh karyawan yang ada di PT Linknet, baik itu level staff sampai level manager. Kuesioner yang disebarkan ke responden menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden mengatakan iklim komunikasi di PT Linknet masih kurang baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian pada upward dan downward communication-nya, dimana harapan-harapan mendasar karyawan belum terpenuhi. Seperti upah yang cukup, perlakuan adil, ketenangan bekerja, perasaan diakui, penghargaan atas hasil kerja dan penyaluran perasaan. Namun, pada sideways communication, dinilai sudah cukup baik oleh karyawankaryawannya. Sehingga tercipta suasana kerja yang cukup baik dan kompak. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah agar PT Linknet merekrut seorang PR, karena selain baik untuk menjembatani antara perusahaan dengan karyawan, PR juga baik untuk membina hubungan dengan publik eksternal perusahaan. Selain itu, perusahaan diharapkan lebih memperhatikan harapan-harapan karyawan yang mendasar dengan memperhatikan upah yang sesuai, mengadakan program penghargaan dan menyediakan sarana untuk penyaluran perasaan.