Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Hubungan KOnflik Peran dan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Indonesia yang Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bidang Seni

Nomor Panggil JPS-12-2-2006-121
Penerbitan [Place of publication not identified]: Jurnal Psikologi Sosial, Vol.12 (No.2) Jan. 2006: 121-140, 2006
 Abstrak
Manusia seringkali mengalami konflik dalam hidupnya. Pada mahasiswa UI yang mengikuti UKM seni, konflik yang dialami salah satunya berupa konflik peran, yaitu pertentangan yang dialami dalam melakoni peran sebagai mahasiswa di mana salah satu tugasnya belajar dan peran sebagai anggota suatu organisasi (UKM seni) yang dituntut berperan aktif dalam organisasi tersebut. Menurut Brown dalam Condliffe (1995), tingkat konflik dapat mempengaruhi performa seseorang. Tingkat konflik yang tinggi dapat menghasilkan performa yang negatif sedangkan tingkat konflik yang sedang dapat meningkatkan performa. Namun, tingkat konflik yang rendah justru dapat menurunkan kembali performa. Pada mahasiswa, performa dapat berupa prestasi belajar Adapun prestasi belajar merupakan deskripsi hasil evaluasi atau penguasaan individu terhadap suatu materi yang telah diberikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini ingin dilihat hubungan konflik peran (yang diukur melalui skor kuesionar konflik peran) dengan prestasi belajar (yang diukur melalui IPK) pada mahasiswa UI yang mengikuti UKM seni. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi nonlinier (korelasi eta), menunjukkan hubungan yang signifikan antara konflik peran dengan prestasi belajar mahasiswa UI yang mengikuti UKM bidang seni. Ini berarti, konflik peran tingkat tinggi menyebabkan prestasi belajar yang rendah, dan konflik peran yang sedang akan menyebabkan peningkatan prestasi belajar. Namun konflik peran yang rendah menyebabkan penurunan prestasi belajar.
 File Digital: 1
Shelf
 JPS-12-2-2006-121.pdf ::
 Info Lainnya
Sumber Pengatalogannone
ISSNnone
Majalah/Jurnalnone
Volumenone
Tipe Konten none
Tipe Media none
Tipe Carrier none
Akses Elektronik none
Institusi Pemilik none
Lokasi none
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
JPS-12-2-2006-121 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20301050
Manusia seringkali mengalami konflik dalam hidupnya. Pada
mahasiswa UI yang mengikuti UKM seni, konflik yang dialami salah
satunya berupa konflik peran, yaitu pertentangan yang dialami
dalam melakoni peran sebagai mahasiswa di mana salah satu
tugasnya belajar dan peran sebagai anggota suatu organisasi
(UKM seni) yang dituntut berperan aktif dalam organisasi tersebut.
Menurut Brown dalam Condliffe (1995), tingkat konflik dapat
mempengaruhi performa seseorang. Tingkat konflik yang tinggi
dapat menghasilkan performa yang negatif sedangkan tingkat
konflik yang sedang dapat meningkatkan performa. Namun, tingkat
konflik yang rendah justru dapat menurunkan kembali performa.
Pada mahasiswa, performa dapat berupa prestasi belajar
Adapun prestasi belajar merupakan deskripsi hasil evaluasi atau
penguasaan individu terhadap suatu materi yang telah diberikan.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini ingin dilihat hubungan konflik
peran (yang diukur melalui skor kuesionar konflik peran) dengan
prestasi belajar (yang diukur melalui IPK) pada mahasiswa UI
yang mengikuti UKM seni.
Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi nonlinier
(korelasi eta), menunjukkan hubungan yang signifikan antara
konflik peran dengan prestasi belajar mahasiswa UI yang
mengikuti UKM bidang seni. Ini berarti, konflik peran tingkat tinggi
menyebabkan prestasi belajar yang rendah, dan konflik peran
yang sedang akan menyebabkan peningkatan prestasi belajar.
Namun konflik peran yang rendah menyebabkan penurunan
prestasi belajar.